Senin, September 01, 2008

Digugat Harry Potter, Hari Puttar Tak Gentar

Kompas.com, 1 September 2008

BOLLYWOOD, SENIN - Gugatan yang dilayangkan pihak Warner Bros terhadap film produksi Bollywood yang dituding telah melakukan plagiat, tak membuat rumah produksi yang bermarkas di India, Mirchi Movies gentar. Ia bersikukuh bahwa film berjudul Hari Puttar - A Comedy of Terrors tak menyalahi aturan hak cipta dari the Harry Potter.

Toh, menurut pihak Mirchi Movies, film yang mengisahkan petualangan seorang bocah India berusia 10 tahun itu, tak punya kesamaan karakter dengan tokoh rekaan J.K Rowling dalam bukunya itu. "Film kami tak memiliki kemiripan dengan film Hollywood Harry Potter dan ini benar-benar cerita yang sangat berbeda. Tak ada hubungannya antara Harry Potter dan Hari Puttar," kata Munish Purii salah satu produser Mirchi Movies.

Namun lain halnya dengan pihak Warner Bros. Pihak mereka justru menyakini betul bahwa film Hari Puttar memiliki kesamaan dari karakter judul. Karenanya, mereka melayangkan gugatan kepada pihak pengadilan tinggi Bombay untuk menghadang film Harri Puttar agar tak diputar di sejumlah bioskop di luar negeri, awal September ini. "Bagaimana pun Warner Bros. sangat menghargai hal-hal yang terkait dengan masalah hak intelektual," kata juru bicara Warner Bros, Deborah Lincoln.

Hari Puttar, yang diperankan Zain Khan, berkisah tentang seorang anak muda yang ditinggalkan sendirian di rumah oleh orang tuanya yang tengah berlibur. Ia kemudian berusaha melumpuhkan sekelompok kawanan perampok yang mencoba melakukan pencurian di rumahnya. Ketimbang mirip Harry Potter, tulis seorang pengamat film, justru mirip film Home Alone, yang dibintangi Macaulay Culkin. (imdb/EH)

Tidak ada komentar: