Senin, November 03, 2008

Merek food supplement dipersoalkan

Bisnis Indonesia, 3 November 2008


JAKARTA: Keberatan terhadap pendaftaran beberapa merek food supplement sejenis yang sudah didaftarkan sebelumnya, PT High Desert Indonesia mengajukan gugatan pembatalan merek kepada PT Harmoni Dinamika Indonesia.


Proses persidangan gugatan yang diajukan PT High Desert Indonesia pada 26 September 2008 ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, memasuki acara jawaban PT Harmoni Dinamika Indonesia selaku tergugat, dan Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Dirjen Haki-Depkumham) sebagai turut tergugat.

Dalam gugatan yang diajukan kantor hukum Iman Sjahputra & Partners selaku kuasa hukum PT High Desert Indonesia disebutkan bahwa merek produk food supplement seperti Pollenergy (tablet), Bee Propolis (tablet), Bee Propolis (kapsul), Royal Jelly, dan Pollenergy (kapsul) sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan Departemen Kesehatan (BPOM-Depkes) sejak Mei 1990.

"Sejak 1990 hingga sekarang penggugat telah memasarkan produk-produk itu di Indonesia," papar Heri Harjandono mewakili kuasa hukum di hadapan majelis hakim yang diketuai Reno Listowo.

Namun, lanjutnya, sejak 1994 sampai sekarang tergugat ternyata memasarkan produk serupa. Bahkan, selain mendaftarkan ke BPOM-Depkes, tergugat mendaftarkan juga ke Dirjen Haki dan mendapat nomor pendaftaran.

Tidak ada komentar: